Thursday, May 5, 2016

Ava dan alergi

HAbis acara sekolah akhir bulan kemarin (yang akan gw tulis sesegera mungkin)...
Besoknya si Ava garukin mukanya cukup kenceng pas lagi mandi.
Tau2 pas dilihat mukanya luka-luka :(
Mulai dari kelopak mata sampai atas alis dan bawah mata.

Karena gw pikir itu luka biasa lecet karena kukunya panjang gw kasih salep pawpaw biasa buat lecet2 kan.

66d03820df04fd5fd784eb39ec36766d

Besokannya ga ada keluhan bahkan kita malah main ke kidzania karena sekolah diliburkan.
Pas di kidzania ava sempat bilang lututnya nyeri, gw ga merhatiin karena dia pake celana panjang.

Pulang dari kidzania gw cek kok lututnya kaya luka gitu..padahal seingat gw dia ngga jatuh dimanapun.
Ava bilang sakit banget sampe ngga bisa jalan..gw hanya cuci pake lactacyd baby karena gw kaget kok lukanya kaya bonyok dan ada nanah.

Hari rabu baru gw bawa ke dokter karena dokter anaknya praktek rabu dan menurut dokternya ava ini kena bakteri. Dikasihlah salep bactoderm buat diolesin di lukanya.

Karena sampe jumat lukanya belom ada yang membaik termasuk yang di lutut dia sampe ngga bisa nekuk kakinya.
Gw bawa ke Bamed Dharmawangsa Square demi ketemu sama dr.Menik temen gw yang ahli kulit. (Sekalian mamak mau konsul muke yang jerawatan melulu..akan dibahas di postingan lain yaaaa janji)


IMG_20160429_123355

Ketika diperiksa Ava sampai dibuka bajunya karena bu dokter mau cek kelenjar2nya. (Kalo kita luka cukup parah beberapa kelenjar kita bengkak).

Salep bactoderm dilanjutkan tapi dikasih salep racikan plus lukanya harus dikompres pake NaCl (yang ternyata perih begitu dikompresin ke lukanya dan si Ava langsung kejer *tante Menik terlihat begitu kejam dimata dia ^^)

https://flic.kr/p/FXxDdC

Menurut Menik Ava yang memang bakat alergi itu ada "kelainan kulit" dan kali ini dia kena bakteri kulit dan juga yang dilutut ini kayanya kena serangga. (Emak gw kulitnya sensitif bgt rupanya gw baru inget, doi pernah kena serangga terbang itu langsung gatal sebadan dan sering kaya gt. Gw dan farid alergian berat jadi yahsudahlah)..

088b2f589d8a37e00b5fb915e5521dc7


Plus kemarin acara sekolah ava pake celana pendek banget dan pas lagi event mungkin tangannya kotor terus dia garuk-garuk muka.

IMG_20160424_120025

Alhamdulilah setelah 1 minggu sudah jauh lebih baik. Bahkan yang di muka udah hampir sembuh betul...kece deh tante dokter Menik ^^

\\
PhotoGrid_1462453782344


Padahal pas Ava bayi gw udah siap sama si dermatitis Atopi ini. Tapi selama dia kecil ngga pernah sampe kaya gini, wong biang keringet aja ngga pernah kena.

Rupanya baru tibanya sekarang  :(

Mudah2an ga ada bekasnya ya..emak gw udah meraung-raung liat cucunya "luka-luka" gini.

Share dong yang anaknya atopi juga siapa tau ada tips n tricknya?

*Dermatitis atopi adalah kelainan kulit yang sering terjadi pada bayi dan anak dengan banyak penyebab dan bersifat kronis berulang serta berhubungan dengan riwayat alergi pada keluarga, seperti asma bronkhial, rinitis alergika, urtikaria (atau disebut biduran). Penyakit ini terjadi pada 5-20% anak dan  1-3%  dewasa. Kira-kira 80% kasus terjadi pada usia ≤ 5 tahun. diambil dari SINI

4 comments:

BunnyCat said...

Anakku dulu kayak gini waktu masih bayi Rien, tapi dibilang dokter ga usa khawatir krn biasanya akan hilang sendiri bgitu remaja. Nah aku ngga tau kalo Ava gimana, tapi di anakku aku perhatiin akan kambuh kalo kulitnya kering. Jadi kalo lagi trip ke eropa gitu yah, langsung tuh merah2 bermunculan. Jadi meski ngga lagi kambuhpun, selalu tuh pake pelembab (baby cream biasa) seluruh badan, tapi mostly di wajah sama lipatan kulit (dengkul, siku, tumit).

arienda sapari said...

@bunnycat iya sih kemarin dokternya bilang intinya ya kulitnya jadi sensitif..hihihihih ada2 aja ya...kalo di muke ituloh kan ngilu anak perempuaaaaaan

tia putri said...

yang luka ada nanahnya kayak digigit tomcat ya mba? sejenis serangga menyengat tapi lebih parah drpd tawon,

arienda sapari said...

@tia putri
Aku curiga gt juga tapi kata dokternya bukan. Inget banget berita tomcat heboh beberapa waktu lalu..

hawlaaaaaaa

yahluh, lama banget ga nulis ahhahahahha. 1 Tahun ngapain aja? terlalu fokus ke IG kayanya 😁. Dan tahun lalu tuh lg ikutan fitness challeng...