Monday, March 2, 2015

japan #2. Universal Studios, Eat at Osaka, Shinkansen Trip and Kimono Experience

ok next....jpn
sudah siap di osakajokoen station untuk lanjut ke universal studios japan...tujuan kesini cuma 1....
IMG-20150110-WA0006
minum butterbeer sih gw sama si bun ha ha ha....kita berdua potterhead pasrah karena cuma bisa ke usj hari sabtu dan sudah dipastikan ramai dan antrian amit2. jadi yang penting bisa masuk ke hogsmeade aja dan foto2lah...

jpn

berangkatnya jg rada siang karena ava belom bangun dan mamak masih pegal2..santai abis masuk usj jam 11an.

IMG-20150106-WA0000
tiket USJ yang dibeli di loppi machine lawson pas baru sampai airport...

pas sampe sana langsung menuju locker roomnya usj dan masukin bawaan 1 tas gede. karena kebiasaan aja sih bawa-bawa tas baju ganti hehehehehe.
masuk ke dalam udah ga bisa beli fastpass karena habis dan jam 11 udara masih sejuk ga dingin-dingin amat.. realfeel 9°c.

short story.. kita ambil nomer untuk masuk ke harrypotter area tapi ngga ambil nomer buat rides apapun karena gw bawa bokap nyokap n ava, nyesel sih tapi gimana,daripada kelamaan ngantri (kemarin paling cepet antri 70menit hadeeeeh!) . jadinya kita foto2 depan hogwarts dan masuk2 ke store dan beli butterbeer....mau nangis saking senengnya (lebay akut) karena gw sama si bun pacaran ya bacanya harry potter. nontonnya jg harry potter. ava yang ga ngerti ga suka jadi minta buru2 keluar T_T ...
oh. gw sempet masuk ke wcnya ..kalo inget di cerita chamber of secret.. ada
Moaning Myrtle.. nah!!! pas gw ke wc itu kamar mandinya asliiiiiii lusuh banget,kaya ga keurus dan temboknya ijo2 lumut hahahhahahah pintunya persis kaya pintu di film. ava sih ketakutan karena ada yang NANGIS didalam situ!!!! siapalagi kalo bukan Moaning Myrtle dan sesekali suara dia nyebur ke wc dan marah-marah. gw ga sempet foto karena yang antri banyak plus phobia gw akan tempat gelap mulai kumat ha ha ha..gw ngebayangin lagi pipis terus pantat gw dicolek dari dasar WC kan ga seru yak hahahhaha (abaikan! kebanyakan ngayal!)

IMG-20150110-WA0008
IMG-20150110-WA0013

okai, intinya usj seru kalo emang potterhead, kita sempetin masuk amazing spiderman (antri 40menit) dan seru banget, kita masuk ke sesame street (agak.percuma karena dalam.bahasa jepang), dan ke jaws (seruuuuu tp siap2 basah ya). dan edisi berhenti-berhenti bentar buat makan ha ha ha...

makin sore makin dingin.. realfeel 3°c dan mulai pada cranky...rides ga bisa banyak naik karena makin ramai,mau naik rollercoaster jg ga sanggup karena bayangin dingin terus tambahan ditampar2 angin kan hahahahhaba skipppppp....

ava sempet masuk arena kids game arcade,tapi cuma liat-liat aja terus dikasih souvenir gelang elmo yang bisa nyala ^^ ...jam 8 kita keluar dari usj, agak ga puas tapi ava happy berat karena bisa lari2an dan foto2 (ava senengnya emang gt doang hahhahahahhahahah.. makanya kita skip disneyland jepang... dia ga mao naik rides, maunya foto2 doang depan pohon T_T ).. kita makan ke TGI friday dan porsinya gede2 banget, sambil nunggu makan, gw sama bun lari ke booth onigiri deket situ dan juga booth chicken karaage (yang belinya pake vending machine).. ternyata ga susah sih cara pesannya, karena ada gambar n warna, kalo bingung panggil aja abang2nya terus tanya ..mereka pasti bantuin.

next day kita jalan-jalan ke dotonburi,
jpn
tapi sebelumnya kita kirim koper dulu ke tokyo, karena besok pas ke tokyo kita barengan hari libur nasional orang jepang,males kalo geret2 5koper hehhehehw.. koper2 kita dikirim ke konbini chain yang kerjasama dengan yamato http://www.kuronekoyamato.co.jp/smp/index.html jangam lupa perhatikan cara ngisinya, kalo bisa sih diisin aja hahahhahahha, nanti kalo sempet gw fotoin cara gw isi form pengirimannya ya yang jelas lo harus pastikan hotel atau hostel tempat lo nginep bisa nerima barang itu. hotel kita di osaka ngga ada jasa pengiriman barang, adanya hotel yang di tokyo ^^ .okaiii back to jalan2...bokap kan kalo terbang osaka cuma tau namba sama dotonburi doang ha ha ha...bahkan dia ga tauuuu cara beli tiket kereta pake ICOCA.... payah!!!!!
dan! akibat ke sotoyan bokap yang ga mau nurut gw,kita salah pilih exit station, harusnya kita keluar di shinsaibashi-suji dan tembus dotonburi karena kita mau makan malam di Matsusakagyu di area dotonburi ini sama babeh dibalik.. kita exit dotonburi dan jalan ke shinsaibashi sampe ujung dan balik lagi ke dotonburi T_T ... pegel gilak! hahahhahahah
IMG-20150111-WA0000
jpn
ava merengek kecapean dan akhirnya dibeliin elsa doll di disneystore T_T
wajib mampir ke Mr.Donut kalo di jepang, donutnya lembut sambil angetin badan he he he...

dotonburi isinya lucu2 dan seru, kali pengen liat uniqlo dan jualan-jualan ajaib, kita agak lama muterin daisho hahahahhahaha suka banget sama printilan deh yaaa. dan pas menjelang malam lari-lari karena hujan ke Matsusakagyu. it was sunday jadi dotonburi area kaya orang bubaran konser Kpop.. buset kaga bisa jalaaan!!!!

btw kenapa maksa banget mau makan di M.. karena di tripadvisor dia resto no 2 terfavorit di osaka area yang wajib kunjung! bahkan teman gw dita revi bilang si sapi ini dari surga kayanya saking enaknya ^^ .
gw sampe ngga sempet makan takoyaki yang khasnya osaka, da  si kepiting ituuu huhuhuhu tp gw berencana pas balik osaka last day before back to indo wajiib makan!!!

berhasil nemuin si M dengan sukses, jangan kecele sama resto dibawahnya, si M itu ada diatas resto gorengan gt deh yang ramenya sampe antri parah.
di M sendiri lo hrs naik lantai 2 dan buka sepatu karena kita makan di tatami gt. mereka punya menu in english dan waitressnya ada yang jago bahasa inggris (dia bilang dia sekolah di amrik katanyaaa)... price start from 1790¥ tapi menurut gw sangat masuk akal.. dagingnya enak bangeeeet... kalo penasaran bisa check webnya disini

kenyang makan... abisnya mayannnn banyak karena bokap minta tambah set daging lagi, tanya yg paling recommended mana, karena itu paling enaaaaaak ^^ .
pulang ke hotel dan siap-siap besok kita cabs ke tokyo naik shinkansen.
di itin gw udah ditulis jam berapa kereta berangkat  dan jam brp kita harus disana, mendingan kecepetan daripada telat. karena gw udah keburu reserved seat kan!
tiket reservasi shinkansen

20150112_065341

karena waktu kecil kebanyakan nonton tv champion ^^ . pas di station shin-osaka. gw maksa banget buat beli bento kereta hahahahha bento ini hanya ada di train station atau dijual diatas kereta khusus buat diperjalanan.
20150112_084824
20150112_084906
20150112_082728
20150112_082724

gw beli ayam dan beef teriyaki. juga sempet beli sandwich buatannya matsusakagyu (belom bisa moveon) ^^ ..oiya buat yang ga bisa pake sumpit. mohon bawa sendok sama garpu sendiri kemana-mana. karena mereka hampir ga pernah siapin sendok garpu kecuali makan di western resto ya.

perjalanan osaka-tokyo 146menit dan kita harus turun di shinagawa bukan tokyo ( 1stop sebelumnya),karena lebih deket buat ke ginza itchome station (station yg paling dekat dengan hotel kita). tapi apa yang terjadi.. aku lupa sodara2.. karena kecapean jadi mikirnya sampe tokyo ha ha ha.. maaabh!!!
gunung fuji keliatan jelas dari shinkansen,,, tapi kita ngga kesitu.. mudah2an ada rejeki bisa ke fuji next time yaaa..amieeen

shinkansen yang reserved car beda dengan shinkansen nonreserved karena kursinya bisa direcline, thats why kalau beli ngga pake JRpass harganya ada tambahan, tapi kalau pake JRpass free of charge asal kita reservasi minimal 24jam sebelumnya, kurang lebih dalemnya begini nih (ada colokan buat charger juga loh ha ha ha)
20150112_081726
oiya shinkansen ini kan JRline jadi pas di shin osaka gw masuk ke stationnya nunjukin JRpass tapi jangan lupa sebelum masuk ke shinkansen station.. tap dulu IC card di mesin terdekat biar si kartu ga bingung kalo kita pindah kota. dan tap lagi si IC card di mesin yg ada di kota tujuan (kalo bingung kasih ke petugas yang ada di tiap gerbang minta di reset kota* pulsanya masih ada.. cuma reset station aja)

day 1 di tokyo sengaja free time..
jadi hotel yang kita pilih adalah mercure ginza (atas saran @inidhita)
jpng
mengingat gw bawa anak kecil n bokap nyokap jadi kalau mau ke hotel ngga perlu terlali jauh kena udara dingin . mercure ginza basementnya langsung ke exit 10 dari station ginza itchome (sebenernya dr turun kereta kita "agak" jalan 700meter ^^ .. menurut gw ada pilihan hotel-hotel lain yang exit train station ya lebih dekat. tapi memang untuk udara kaya kemarin yang ujan dan tau2 dingin parah, mendingan pilih yang ini sih ha ha ha....gw dapat rate khusus di mercure ginza, saran teman2 gw sangat ok deh he he he.. pake accor advantage member (walaupun gw ga pake free nights tapi gw dapat special rate dari web khusus member)

pas sampe hotel gw udah wasapan sama ibu RTnya chiba untuk ketemuan he he he..
IMG-20150112-WA0002
dia ambil titipan softlens dan gw ambil titipan tiket doraemon ^^ makasih banyak ya mak... kita jumpa di jakarta nantinya (tya sangat membantu gw buat nerjemahin beberapa tulisan yang emergency hahahahahhahah kiss kiss)
setelah check in kita nyari makan (gw mengandalkan tripadvisor buat ini),
*jalan2 di ginza area...

dari tripadvisor gw nemu tenya tempura yang cuma 2 block dari hotel kita dan very recommended dan dia pakai vegetable oil buat masaknya ^^ so far the best tempura ever menurut gw sih..

setelah lunch kita langsung ke asakusa untuk foto pakai kimono. di tokyo n osaka agak jarang bisa foto pake kimono, yang banyak itu ada di kyoto dan harganya masih lumayan. di tokyo hanya di asakusa dan itupun gw muter2 cari tempat photonya, karena hampir semua pakai bahasa jepang dan hari itu libur nasional jepang kalo ga salah coming off age holiday, anak2 umur 21 tahun sejepang semua wajib pakai kimono or yukata terus berdoa ke kuil.  makanya pas ke asakusa rame banget, kan ada kuil disana... setelah muter2 sekitar
30 menit akhirnya nemu tempatnya dan itupun setelah ditunjukin sama satpam ha ha ha...
yang bikin kaget adalah ternyata si tempat foto bukan tempat pertama tujuan gw, karena susah ditemukan. eeeh malah dapat yang paling bagus dan paling terkenal (minggu sebelumnya taylor swift baru foto ala geisha disini!)

nama studionya cocomo http://www.cocomo1.net/maiko/index.html
di webnya ada pricelist dan bisa email dia untuk reservasi. we're very lucky karena pas kita datang studionya kosong. makeupnya mending makeup sendiri aja, soalnya tambahan buat makeup mayan mahal. kemarin nyokap mau pakai tambahan wig geisha (gw juga harusnya pake tapi ga pede hahahahahhah.. wignya bagus ga keliatan kaya pake wig)
hasilnya langsung jadi dan disini kimononya banyak banget stocknya dan bagus2 sesuai dengan harganya. emang agak muter buat nyari studionya tapi minta arahan aja dari emailnya kemana masuknya.
jpng
IMG-20150112-WA0023
IMG-20150112-WA0022

sebenernya kalo di asakusa bisa naik jirikisha (becak yang ditarik oleh orang) tapi karena kemarin sudah kesorean dan besok kita plannya mau naik ke gala yuzawa untuk main salju takut kecapean jadi kita ngga naik si becak (walaupun ava udah ngambek ga keruan,,, huhuhuhu)next cerita tentang tokyo ok

Unknown said...

halo mbak, salam kenal nama saya sandy , kebetulan mau ajak istri dan anak ke jepang, kurang lebih trip nya mirip dari osaka ke tokyo with shinkansen hikari JR Pass, jika berkenan saya ingin tanya :
1. karena saya nanti pulangnya lewat tokyo jadi saya harus nenteng koper besar2 dan stroller anak 2 pcs, saat naik shinkansen apakah ribet mbak? apakah ada tempat khusus untuk koper2 ukuran besar atau hanya di cabin saja?
2. saya tertarik sekali untuk sewa modem wifii disana, bisa dikirim ke hotel ya mbak, terus gimana ketika selesai apakah kita kirim kembali by pos ?
3. untuk tiket USJ apakah lebih baik beli di KIX seperti mbak atau goshow saja di USJ nya?
4. untuk ke museum doraemon bisa beli dimana agar tidak kehabisan tiket?

terimakasih mbak arienda untuk share pengalaman trip nya is very helpfull

arienda sapari said...

halo mas @sandy salam kenal
1.baiknya menurut saya dikiirim via jasa pengiriman koper saja mas. http://www.kuronekoyamato.co.jp/en/ praktis menurut saya.
koper ukuran besar hanya bisa ditaro dibelakang kursi yang paling belakang (itupun kalau ada orangnya harus minta ijin). diarea kaki bisa ditaro tapi pasti kurang nyaman jadinya.

2.bisa dikirim ke hotel mas, ada di websitenya juga (dipostingan sudah saya masukan urlnya), ketika kita terima si modem kita akan terima paket lengkap charger dan lainnya plus amplop untuk mengirim kembali si modem (dikirimnya ke kotakpos dimanapun bisa, saya sih di airport bbrp saat sebelum pulang)

3.kalau weekdays dan bukan holiday season go show juga ngga masalah asal pagi2 saja mas.tapi kalau musim liburan harus beli sebelumnya sih baiknya (di website disediakan tanggal2 krusial kok)

4.doraemon museum bisa dibeli di mesin yang sama dengan usj dan themepark lainnya di jepang. asal sudah ada tanggal pastinya. dan sediakan bbrp tanggal cadangan, kalau di airport kelebihannya adalah staffnya "agak" mengerti bahasa inggris. kalau di city susah staffnya untuk ngerti apa yang kita minta.

semoga berguna ya mas. happy holiday

Anonymous said...

1.kalo mau sewa wifi router di indonesia di travel HIS sdh ada, dikembalikan waktu pulang ke indonesia murah sewanya
2.mau kirim koper dr tokyo ke osaka dr hotel jg bisa,ga usah repot via internet

arienda sapari said...

@anonymous
thanks buat sarannya,untuk beberapa hotel di osaka bisa memang kirim koper tapi kebetulan hotel kami tidak bisa kemarin. dan saya ngga kirim via internet, saya kirim melalui jasa kirim koper yang ada di konbini terdekat

hawlaaaaaaa

yahluh, lama banget ga nulis ahhahahahha. 1 Tahun ngapain aja? terlalu fokus ke IG kayanya 😁. Dan tahun lalu tuh lg ikutan fitness challeng...