Monday, September 12, 2011

singapore trip

alhamdulilah setelah menabung kita memantapkan hati untuk liburan setelah lebaran :)
karena jatah cuti hubby tidak bisa diambil banyak krn kita insyallah mau ada rencana ibadah (amien amien) jadi tujuan dicari yang dekat dan juga toddler friendly, singapore kita pilih sebagai negara lain pertama setelah indonesia untuk tujuan wisata sama ava :) dan tentunya kita membawa atm berjalan akungnya ava yang mau nemenin cucu alasannya :D

kece ya..keceeee

pesawat
udah dari bulan lalu semua sudah fix, untuk urusan transport, kita pilih naik Garuda, bukan karena diskonnya, karena jatah tiket kami untuk tahun ini sudah terpakai semua, jadi kita bayar full (tapi bersyukur dapat tiket promo waktu itu,rajin2 belajar telepon ke cs atau check ke website untuk tiket promo)..kenapa Garuda? selain krn gw dibesarkan Garuda, gw n hubby pun ga berani coba airline lain untuk bawa toddler, as far as i know, gw tau lah kualitas service groundstaff sampe flight attd'nya garuda kalo kita bawa toddler, dan memang tidak pernah mengecewakan kok (bukan karena gw siapa, kadang mereka bener2 ga tau gw siapa tapi tetep helpfull kok) :) *tulisan Promosi Ga dibayar tapi dari Hati :)*  tapi harus inget kalo bawa toddler, pengaturan tempat duduknya (kalo bisa minta tempat paling depan, duduk dengan pasangan tidak terpisah dan dekat dengan kamar mandi plus dibagian alley jangan didalam...

tiket pesawat gw urus sendiri semua,sudah fix termasuk gw cukup cerewet tentang bawa toddler, arragment kursi dan juga lain2. sengaja ambil first flight biar "lebih lama" disingapore'nya, dan pulang 1 flight sebelum last flight :)
rencana kita selama di Sing yang "cuma" 3 hari 2 malam udah gw susun rapih, baca review dari dhita di singapore terus mamak athia liburan ala kopernya dan juga salah satu yang paling helpfull adalah blog ibu guru tya selama di singapore plus gw liat2 forum FD dan TUM juga harus kemana untuk menikmati liburan selama di singapore dan bawa toddler :)

mau kabur dari saya!HAH!tidak bisaaaaaa :p

Hotel
kita nginep di mandarin "meritus" orchard , kenapa disini? again karena bawa akungnya ava, masalah transport n tempat nginep dia agak rewel..jadi harus cari standart crew biasa nginep daripada ga ditemenin dia ngambek :) hihih..untungnya cari di agoda kita bisa booking dan dibanding2in sama beberapa website hotel lain (termasuk si mandarin ini sendiri) malah lebih murah..gw ga ambil yang pake breakfast, karena menurut adek gw agak ga kepake jg si breakfast krn pasti gw pas bangun lsg pergi jalan, mending cari makan di orchard saja :)
tidak lupa pas booking gw tulis noted "king/queen size bed (single), with windows, non smoking floor, early check in"  karena gw sampe sing jamnya jauh sebelum jadwal check in :) jadi bisa titip koper dulu..
gw pilih disini, karena Babe pernah nginep sini, dan juga lokasi strategis, memang mahaaaaal :( kalo dibandingin hotel2 mamak2 review...untuk kali ini tagihan dikirim ke yang mulia akung ava hihihihih

where to go
selama disana, gw merencanakan bolak balik liat website yoursingapore  sama gothere untuk panduan-panduan harus kemana, naik apa, makan dimana, :) plus bolak balik neror dhita sama tya :) thank u ya mamak2
untuk kali ini...kayanya gw skip shopping karena kita memang tujuannya berwisata, karena jujur.,,,gw aja terakhir ke singapore pas SMP huhuhuhuh...kayanya kalo belanja ga mungkin bisa cm 3 hari dan bawa anak kecil juga....mudah2an ada rejeki bisa kesana lagi :)

intinerary
day 1 : jacob ballads, paragon, esplanade, marina bay sand, merlion park, singapore river cruise, jumbo or noSignBoard

day 2 : resort world sentosa, Universal studios singapore, imbiah, tiger tower, vivo city, song of the sea, hollywood after hours, fireworks at Uss

day 3 : ikea alexandra/tampines, ion, orchard rd

kayanya simple ya itin:nya....tapi ternyata tidak sodara2!!!!!karena gw lupa gw bawa bocah...hal2 kecil kaya "Tiba2 mogok gak mau pindah tempat" , "gak mau bangun" , "minta poop tapi labil" , "tiba2 ngamuk" hal2 ini yang membuat semua itin tidak bisa sesuai jadwal ibu tiri kece ini! jadilah daripada naik darah..kadang gw biarin aja... :)

nangis liat singa..gendong ajah!

tickets
untuk tiket universal studios, gw sudah beli online disini dari 1 bulan sebelumnya, takut kehabisan dan juga gw udah nentuin tanggalnya jadi santai :) saran kakak sepupu gw, kalo emang lo belinya mepet, biasanya beberapa tour di jakarta jual juga, tapi pas gw kesana ternyata tiketnya masih banyak, karena baru selesai peak dan black-out-dates'nya :) , untuk tiket gw beli yang tickets only day pass (ava masih free), karena gw pikir untuk kesana gw bisa by cab, bus or mrt (gw merencakanakan beli ezlink disana*akan gw tulis lagi), and even better,,ternyata ada "yg mau antar" ke uss atas permintaan akungnya ava :) *alhamdulilah*.... gw beli 3 tiket...dimana si akungnya ava juga ikut, krn akung masih abg, jadi tiketnya masih bayar deh hhehehehhehe....
sebenernya kalo bawa anak n punya budget lebih bisa beli lagi tiket yang universal pass, jadi kaya fast track gt didalam tinggal minta child swap, tapi karena budget gw terbatas, gw hanya beli yang biasa, dan berencana child swap didalam :)
the tickets for USSS

terus untuk song of the sea,,gw sempet Labil harus ambil yang mana..nanyaaaa mulu,,terus cek ramalan cuaca..diramalkan HUJAN DERAS! mateeeek gw bingung musti beli atau enggak, kata Ana mama'nya Deas wajib nonton..seru soalnya,...ya sudah gw pun beli tiket SoTs via online disini , gw beli yang premium SGD 15 per person, karena gw mikir bawa ava dan ada senderan, plus agak belakang karena kata mbak dieta dan beberapa ibu2 stagenya mengeluarkan api2 gt...ava kan takut bgt,jadi gw pilih premium :) deket pintu keluar (kali2 ava kejer) dan deket tempat stroller plus ada senderannya. tapi tempat duduknya ga bs milih...gw sih kekeuh milih dipinggir biar bisa keluar masuk kalo ava mogok...

sebenernya di sentosa sendiri kemarin ada buskers festivals gt, banyak mini stage hiburan2 free dimana2 :) seru juga, dan kalo mau naik kaya cable car, luge, tiger tower etc ada paket tiketnya yg dijual di beberapa ticket box di sentosa coba cek websitenya tapi setelah gw tanya2, ava juga hanya bisa ke tiger tower dan song of the sea , cable car'nya ga bisa naik karena ada yang agak takut ketinggian sebenernya (ga perlu ditulis siapa ya hihihihihh)....jadi kita hanya beli 2 tiket itu, si tiger tower sendiri tiketnya sgd 15 per person, tetep ava gretong hihihi...untuk pindah2 di sentosa kita naik sentosa express , monorail yang gratis hihihihihih asik banget deh,

untuk muterin singapore sendiri, gw tadinya bingung beli ezlink atau singapore tourism pass ....bedanya kalo ezlink ini seperti smartcard isi ulang yg bs dipakai untuk mrt, bus dan taxi kayanya deh,,, kalo stp ada paketnya sebenernya jatuhnya lebih murah, ,,,,,gw beli ezlink itu pun beli setelah udah di sing sana, susah cari kartunya, rata2 di 7eleven habis, jadi gw malah dapat di 7eleven 313 :) keukeh beli itu karena stp sayang kalo beli pas day 1 ,,,soalnya di day 2 gw seharian di sentosa dan ga kepake...jadi gw pake ezlink ajah :)

singapore river cruise gw beli langsung ditempat, kemarin belinya di merlionpark, ga beli hippo tour atau duck tour karena gw pikir ava masih terlalu kecil dan waktunya sebentar, takut ga sempet kemana2 malah,,gw lupa deh berapa beli si river cruise ini, pokoknya ada yg 30 menit ada yg 45 menit dan bisa turun dimana saja

sementara ini dulu ya...nanti dilanjut pake foto2 dan juga tips2 lain...dan day per day'nya kita ngapain ajah :)

coba bisa ga ya..kalo mau liat foto2nya di FB gw open for public :) sing day 1 , sing day 2 dan singapore day 3